Program: Tanggap Bencana

Monday, February 01, 2016 0 Comments



TAKI-TAKI TEAM (TIM RESPON BENCANA)

Taki-Taki  Team Saudara Sejiwa hadir sebagai bentuk solidaritas lembaga terhadap persoalan masalah-masalah bencana di tanah air.
Taki-taki Team merupakan wadah relawan yang berminat melakukan  aksi sosial dalam tragedi bencana yang terjadi di tanah air.

Fokus dukungan yang dikembangkan Saudara Sejiwa Foundation  dalam program ini diantaranya adalah :
1. Pelatihan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) di sekolah dan masyarakat
2. Menggalang partisipasi relawan bencana melalui pelatihan berkala relawan seperti : Migitasi Bencana, SAR Evac, Manajemen Pengungsi, Trauma Healing, dll.
3. Melakukan intervensi langsung kepada korban bencana melalui pemulihan trauma korban (trauma healing) dan penyedian  Playground area sebagai therapy bermain bagi anak-anak korban bencana.
4. Kampanye penyadaran bencana melalui iklan layanan masyarakat, bulletin, radio komunitas,dll

Sejak tahun 2002, Saudara Sejiwa Foundation terlibat langsung dalam kegiatan lingkungan hidup dengan mempelopori berdiri PEPELING (Pemuda Peduli Lingkungan).
Adapun salah satu fokus kegiatan TAKI-TAKI TEAM adalah mendorong pengarus utamaan Program Pengurangan Risiko Bencana (PRB) di semua sektor, khususnya di sektor pendidikan.



Mengingat Jawa Barat merupakan provinsi dengan tingkat kerawanan yang tinggi dan ancaman bencana seperti gunung api, gerakan tanah, banjir, longsor, kekeringan, gempa bumi, tsunami, serta angin puting beliung, maka TAKI-TAKI TEAM turut bekerja dalam pendidikan kebencanaan di sekolah.

Pembekalan Pendidikan Kebencanaan dan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) bagi siswa sekolah dinilai strategis karena anak termasuk kelompok rentan yang dinilai penting untuk mendapatkan pengalaman dan peningkatan kapasitas dalam materi kebencanaan dan PRB. Selain itu, siswa-pun akan mampu melakukan penularan pemahaman tentang Pengurangan Risiko Bencana kepada teman sebayanya.



Untuk melaksanakan kegiatan ini, Tim Siaga Bencana Taki-Taki Tim mendapat dukungan peralatan bencana dari SDIA, SD Japan, SD German dan Japan National Council of Social Welfare (JNCSW).
Sedangkan untuk program Pendidikan Pengurangan Risiko Bencana bagi Pelajar, Saudara Sejiwa Foundation bekerja sama dengan SD USA dan Japan National Council of Social Welfare (JNCSW).

You Might Also Like

0 comments: