Profil

Friday, May 17, 2019 0 Comments


Saudara Sejiwa lahir dalam situasi masyarakat transisi menuju demokrasi dan masyarakat sipil yang membuka ruang publik dari negara ke masyarakat. Kami lahir dalam situasi bangsa Indonesia sedang mengalami krisis ekonomi yang telah banyak menimbulkan implikasi, di antaranya adalah meningkatnya keluarga miskin di perkotaan dan pedesaan. Sampai hari ini kurang lebih sudah 20 tahun Saudara Sejiwa Foundation (SSF) berkiprah nyata dalam program pelayanan kesejahteraan sosial dan pendidikan non-formal di Jawa Barat. Berbagai pengembangan model penanganan masalah sosial telah dikerjakannya dengan kemitraan yang dibangun dengan berbagai pihak seperti Pemerintah, Swasta, PBB maupun lembaga donor asing yang punya kepedulian terhadap pembangunan di Indonesia. Sejalan dengan masalah sosial yang berkembang di Jawa Barat, maka mulai tahun 2000 dilakukan pengembangan-pengembangan dengan mendirikan Community Learning Center yakni sebuah pusat pembelajaran berbasis masyarakat yang menyajikan program non-formal dari mulai program kesetaraan TK/Playgroup, setara SD (Paket A), setara SLTP (Paket B), setara SMU (Paket C), dan Program Keaksaraan Fungsional (KF). Dan berbagai unit kegiatan keluarga pun akhirnya berkembang sampai saat ini seperti Pusat Konsultasi dan Pembelajaran Keluarga dan lainnya.

Portfolio

  • Penanganan anak terlantar melalui model panti tahun 1991-1998.
  • Penanganan program anak jalanan melalui dana dari UNDP, ABT, APBN bekerjasama dengan Departemen Sosial Republik Indonesia tahun 1998-2003.
  • Mendukung Program Pengembangan Model Sanggar Mitra Keluarga dan Pondok Anak Mandiri Direktorat Pemberdayaan Masyarakat Yayasan Daarut Tauhiid Bandung-Depsos RI
  • Pengembangan model Rumah Perlindungan Sementara kerjasama dengan PW. Muhammadiyah - Departemen Sosial Republik Indonesia tahun 2003.
  • Pengembangan uji coba model Restorative Justice / penanganan anak yang berkonflik dengan hukum berbasis komunitas kerjasama dengan LPA Jawa Barat dan UNICEF.
  • Terlibat dalam sosialisasi modul TFT & VCD Dokumenter (Mimpi yang Terkoyak & Jual Beli Perempuan dan Anak) Program Traficking yang diterbitkan oleh Medianet Indonesia dan Yayasan Jurnal Perempuan tahun 2005.
  • Penyelenggaraan Pelatihan Politik Anggaran "Pro Poor Budgeting" bagi anggota dewan, ormas, kader parpol, LSM, tokoh masyarakat kerjasama dengan KSPI dan BIGS tahun 2005-2006.
  • Pelaksanaan Program Penanganan Korban Tindak Kekerasan Perempuan dan Anak & LK3 melalui program konsultasi kesejahteraan keluarga dan pendampingan UEP kerjasama dengan Depsos RI tahun 2005-sekarang.
  • Penyelenggaraan Program PAUD, Program Kesetaraan Paket A, B, C, Keaksaraan Fungsional dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung tahun 2000-sekarang.
  • Penyelenggaraan Bulan Peduli Kesehatan di 36 titik di kota Bandung dan Cimahi dalam bentuk: pengobatan gratis, pembagian makanan tambahan kepada 3000 bayi, dll.
  • Penyelenggaraan Program Tanggap Darurat Bencana dengan melakukan pelayanan trauma release, pemulihan ekonomi masyarakat pasca bencana bekerjasama dengan Japan National Council of Social Welfare (JNCSW), Susila Dharma Indonesia, UN-OCHA, Susila Dharma Jepang tahun 2008-sekarang.
  • Sosialisasi dan penyelenggaraan Program Pengurangan Risiko Bencana di Sekolah TK,SD,SMP dan SMA, Tahun 2004 - sekarang
  • Pelaksanaan Program Aksi Nasional Pencegahan Anak Menjadi PRTA (Pekerja Rumah Tangga Anak) dan Korban Traficking kerjasama dengan ILO IPEC di 2 kabupaten, yakni Bandung Barat dan Cianjur tahun 2009-2010.
  • Penyelenggaraan Program Pendidikan Anak Usia Dini NOZOMI kerjasama dengan Japan National Council of Social Welfare (JNCSW) dan SD Japan, Tahun 2011-sekarang
  • Program Penguatan Kapasitas Perempuan Dalam Rangka Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak dan Perempuan bekerjasama dengan SDIA dan SD Canada
  • Program Perluasan Kesempatan Kerja Bagi Remaja melalui Program Pelatihan Keterampilan bekerjasama dengan Save The Children Jepang Tahun 2014 -2016
  • Dukungan program penguatan kapasitas orang dengan disabilitas, Tahun 2008-2014
  • Pengembangan program penguatan kapasitas orang tua anak dengan disabilitas dalam gerakan Konsorsium Anak Istimewa Jati Sunda, Tahun 2015-sekarang.
  • Pengembangan Program Dukungan Sosial pada kelompok disabilitas dalam gerakan Disabilitas Bergerak Indonesia, Tahun 2017-sekarang
  • Dll


Struktur Organisasi


Management Board :
Chairman : Nandang Noor RH
Adm & Finance : Imas Sumartini

Manajer PKBM : Dadang Hermawan
Manajer RPA : Arin Sumantri
Manajer Lembaga Konsultasi dan Kesejahteraan Keluarga : Ratna Kodariah, S. Sos
Manajer Pelayanan Hukum : Widagdo, SH
Manajer Program DM-DRR : Dadang Sudardja

Staff Program Bandung Barat 2009 :
Iwan Hendrawan, S.ST
Putut, A.KS
M. Yusuf, S.ST
Hasan Sodikin, S.Pd
Bambang FH
Aulia Banu Setiawan, S.Pd

Staff Program Cianjur 2010 :
M. Samsu S, SS
Fauzie, S.Pd
Irma F, A.Md
Euis Erlianti, SH

Staff Program Kab. Garut 2018 : Entis Sutisna

Manajer Relawan : Rizky Firmansyah

Koordinator Taki-Taki Team : Suryana Aminudin, MA, Rangga

Koordinator Photografer dan Videografer : Yudef Arizona

Staff Program PKBM Kab. Bandung :
A. Saepudin, SS
A. Ratih F, S.Si.T
D. Komara, SE
R. Rahmayanti, S.Pd
M. Kristanti, S.Pd

Tim Manajemen Kasus :
Bripka. Ahmad NS
Syarfia, S.Psi
Iwan H, S.ST
Yani, dr
Widagdo, SH

Web Master v01 : Hedi Gunadi & Azmi
Web Master v02 : Nadiyah Marsela & Puspita Insan Kamil
Web Master v03 : Puspita Insan Kamil

0 comments: